Berlangganan di Channel YouTube Subscribe

10 Plugin Rendering Terbaik Untuk SketchUp

V-Ray Rendering: Rumah Klasik Mewah


Ngomongin soal rendering, kita tau banget betapa pentingnya bikin model SketchUp kita jadi beneran nyata, kan? Nah, di sini, saya mau share 10 Plugin Rendering Terbaik buat SketchUp yang bakal bikin hasil render kalian nge-hits abis!

Gimana sih caranya biar model kita keliatan kayak beneran? Nih, kita bakal coba bahas semua dari pencahayaan sampe detail-detail material yang bikin kalian bisa bikin model kalian makin kece.

Jadi, persiapkan diri kalian buat ngelipir bareng kita ke dunia rendering yang lebih seru dan lebih realistis. Mulai dari yang buat pemula sampe yang bikin pro aja bakal kita bahas, jadi stay tuned, guys! Let's get rendering!


Apa itu Plugin Rendering?

Plugin Rendering adalah alat yang sangat penting dalam aplikasi SketchUp untuk menciptakan visualisasi yang realistis dari desain arsitektur. Dengan menggunakan plugin render terbaik, Anda dapat mengubah gambar 3D Anda menjadi karya seni yang menakjubkan dengan detail yang luar biasa.

Yaps, jadi plugin render SketchUp itu kayak senjata rahasia buat bikin model 3D kalian jadi keliatan nyata banget! Jadi, misalnya kalian udah bikin model keren di SketchUp, tapi kalian pengen bikin dia jadi lebih hidup, lebih realistis, nah, ini dia solusinya!

Plugin render ini kayak bantuin kalian ngerubah model kalian jadi gambar yang super duper keren, dengan detail pencahayaan yang asli, material yang nggak bisa bedain sama aslinya, sampe efek-efek keren lainnya.

Jadi, bayangin aja, kalian bisa bikin model kalian keliatan kayak foto beneran, tapi lebih fleksibel, lebih kreatif, dan lebih ngikutin visi kalian. Gak heran kalo plugin render ini jadi tools wajib buat para desainer dan arsitek buat bawa kreasi mereka ke level berikutnya!

Berikut adalah 10 plugin rendering terbaik untuk aplikasi SketchUp yang dapat membantu Anda menciptakan gambar yang lebih hidup dan memukau.


1. V-Ray

YouTube @budi_studios


Salah satu plugin rendering paling populer untuk SketchUp yang menawarkan kualitas render yang tinggi dan fitur canggih untuk mengoptimalkan hasil akhir. V-Ray adalah salah satu plugin rendering paling populer untuk SketchUp.

V-Ray dikembangkan oleh perusahaan Chaos Group. Versi pertama V-Ray untuk SketchUp dirilis pada tahun 2002. Sejak itu, plugin ini telah berkembang menjadi salah satu alat rendering paling diandalkan di industri desain dan arsitektur.

Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan V-Ray tergantung pada versi V-Ray yang Anda gunakan dan kompleksitas proyek Anda. Namun, berikut adalah perkiraan minimum yang umumnya direkomendasikan:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit atau MacOS 10.10 atau yang lebih baru.
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan arsitektur 64-bit. Prosesor multicore dengan kecepatan clock tinggi direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja rendering.
  • RAM: Minimal 8GB RAM. Semakin besar RAM yang Anda miliki, semakin baik, terutama untuk proyek-proyek yang lebih besar dan kompleks.
  • Kartu Grafis (GPU): Diperlukan kartu grafis yang kompatibel dengan CUDA atau OpenCL untuk menggunakan fitur GPU rendering. GPU NVIDIA atau AMD yang terbaru dan cukup kuat direkomendasikan untuk hasil yang optimal.
  • Penyimpanan: Hard drive SSD atau NVMe direkomendasikan untuk meningkatkan kecepatan baca/tulis, yang dapat mempercepat proses rendering dan mengurangi waktu load/save proyek.
Pastikan juga untuk memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan proyek Anda dan file cache render, serta memiliki koneksi internet untuk aktivasi dan pembaruan perangkat lunak.

Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi V-Ray yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan pembaruan terbaru dari perangkat lunak.


2. Lumion

YouTube @RenderingArtists


Plugin ini menyediakan fitur real-time rendering yang memungkinkan Anda melihat perubahan langsung saat Anda melakukan editing pada desain. Lumion dilengkapi dengan koleksi material dan objek yang luas, termasuk pohon, tanaman, mobil, dan lainnya, yang memungkinkan anda untuk dengan mudah memperindah visualisasi dengan lebih mudah.

Dengan Lumion, anda dapat dengan mudah menambahkan efek cuaca seperti awan, hujan, dan salju, serta mengatur pencahayaan untuk menciptakan atmosfer yang lebih realistis. Antarmuka yang intuitif dan alat-alat yang mudah digunakan membuat Lumion menjadi pilihan yang baik untuk pemula maupun profesional.

Lumion pertama kali dirilis pada tahun 2010 oleh pengembang perangkat lunak yang berbasis di Belanda, Act-3D B.V. Minimum spesifikasi komputer laptop untuk menggunakan Lumion bervariasi tergantung pada versi perangkat lunak dan kompleksitas proyek, namun secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 10 64-bit
  • Processor (CPU): Intel Core i5 dengan kecepatan clock 3.0 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 8GB
  • Kartu Grafis (GPU): NVIDIA GeForce GTX 1660 atau yang lebih baru dengan setidaknya 6GB VRAM
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) dengan ruang kosong minimal 20GB
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Lumion yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


3. Thea Render

YouTube @thearender


Plugin ini menawarkan berbagai preset material dan pencahayaan untuk membuat render yang lebih realistis dan indah. Thea Render adalah sebuah software rendering yang menawarkan kemampuan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan kecepatan yang tinggi.

Thea Render menghasilkan hasil render yang berkualitas tinggi dengan detail yang luar biasa. Thea Render dikenal karena kecepatan rendernya yang cepat, memungkinkan pengguna untuk melihat hasil dengan cepat dan melakukan iterasi dengan mudah.

Thea Render dikembangkan oleh Altair Engineering, sebuah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Versi pertama Thea Render dirilis pada tahun 2014. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Thea Render bervariasi tergantung pada versi perangkat lunak dan kompleksitas proyek, namun secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit, MacOS 10.10 atau yang lebih baru, atau Linux 64-bit
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan arsitektur 64-bit
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 16GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 4.1 atau yang lebih baru
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Thea Render yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


4. Octane Render

YouTube @isaiascarvalho6787


Plugin ini memanfaatkan teknologi GPU rendering untuk memberikan hasil render yang sangat cepat dan berkualitas tinggi. Octane Render adalah software rendering yang terkenal karena kemampuannya dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan cepat menggunakan teknologi GPU.

Octane Render menggunakan kekuatan GPU untuk melakukan rendering dengan sangat cepat, memungkinkan pengguna untuk melihat hasil secara instan dan melakukan iterasi dengan cepat. Meskipun cepat, Octane Render tetap menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat tinggi, termasuk pencahayaan yang realistis dan detail material yang mendalam.

Octane Render dikembangkan oleh OTOY Inc., sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat. Versi pertama dari Octane Render dirilis pada tahun 2010. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Octane Render bervariasi tergantung pada versi perangkat lunak dan kompleksitas proyek, namun secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit, MacOS 10.12 atau yang lebih baru, atau Linux 64-bit
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan arsitektur 64-bit
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): NVIDIA GPU dengan dukungan CUDA (direkomendasikan GPU dengan VRAM yang besar untuk kinerja optimal)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Octane Render yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


5. Enscape

YouTube @casestudyhouses

Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat rendering langsung dari SketchUp dan melihat hasilnya secara real-time di VR atau perangkat AR. Enscape adalah sebuah plugin rendering real-time yang dirancang khusus untuk aplikasi desain dan pemodelan 3D seperti SketchUp, Revit, Rhino, dan lainnya.

Enscape terintegrasi langsung ke dalam aplikasi desain seperti SketchUp, Revit, dan Rhino, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan rendering dan visualisasi tanpa perlu meninggalkan lingkungan kerja mereka.

Enscape dikembangkan oleh Enscape GmbH, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Jerman. Versi pertama dari Enscape dirilis pada tahun 2015. Minimum spesifikasi untuk menggunakan bervariasi tergantung pada versi perangkat lunak dan kompleksitas proyek, namun secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit
  • Processor (CPU): Intel Core i5 dengan kecepatan clock 2.5 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 8GB (disarankan 16GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU NVIDIA atau AMD dengan dukungan DirectX 11 atau lebih tinggi, setidaknya 4GB VRAM (disarankan 6GB atau lebih)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Enscape yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


6. Indigo Renderer

YouTube @OliverBlair

Plugin ini menyediakan fitur render fisik yang dapat memberikan hasil yang sangat realistis dengan detail yang sempurna. Indigo Renderer menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat tinggi dan fotorealisme yang luar biasa, termasuk pencahayaan yang realistis dan detail material yang mendalam.

Indigo Renderer mendukung rendering menggunakan CPU dan GPU, memungkinkan anda untuk memanfaatkan perangkat keras yang tersedia untuk meningkatkan kinerja rendering mereka. Termasuk simulasi pencahayaan global (global illumination) dan penyerapan cahaya (light absorption)

Indigo Renderer dikembangkan oleh Glare Technologies, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Selandia Baru. Versi pertama dari Indigo Renderer dirilis pada tahun 2005. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Indigo Renderer secara umum, spesifikasi yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10, MacOS 10.9 atau yang lebih baru, atau Linux
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan kecepatan clock 2 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 4.2 atau yang lebih baru (jika menggunakan rendering GPU)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Indigo Renderer yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


7. Twilight Render

@TwilightRenderPlugin

Twilight Render adalah plugin rendering real-time untuk SketchUp yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan cepat. Antarmuka yang ramah pengguna membuatnya mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Twilight Render memungkinkan pengguna untuk melihat perubahan secara langsung saat mereka melakukan modifikasi pada model 3D mereka, sehingga memungkinkan proses desain yang lebih interaktif dan iteratif. 

Meskipun proses renderingnya cepat, Twilight Render tetap menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik, termasuk pencahayaan yang realistis dan detail material yang mendalam.

Software ini menyediakan berbagai pengaturan dan opsi untuk mengontrol berbagai aspek rendering, termasuk pencahayaan, material, dan kualitas render, memberikan pengguna kendali yang mendalam atas proses rendering mereka.

Twilight Render dikembangkan oleh Twilight Render LLC, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Amerika Serikat. Twilight Render pertama kali dirilis pada tahun 2008. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Twilight Render secara umum, spesifikasi yang direkomendasikan:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan kecepatan clock 2 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 3.0 atau yang lebih baru
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Twilight Render yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


8. Podium

YouTube @SUplugins

Plugin ini menyediakan fitur render real-time yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat membuat visualisasi yang memukau dengan hasil yang memuaskan. Podium adalah sebuah plugin rendering fotorealistis yang mendukung untuk SketchUp.

Podium dikembangkan oleh Cadalog Inc., sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Amerika Serikat. Podium pertama kali dirilis pada tahun 2009. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Podium secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 64-bit atau MacOS 10.12 atau yang lebih baru
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan kecepatan clock 2 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 3.0 atau yang lebih baru
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Podium yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


9. Maxwell Render

@rubenborup

Maxwell Render adalah sebuah software rendering fotorealistis yang terkenal karena kemampuannya dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail yang sangat baik. Tersedia berbagai pengaturan pencahayaan, material, dan kualitas render.

Dukungan untuk GPU dan CPU Rendering: Maxwell Render mendukung rendering menggunakan CPU dan GPU, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan perangkat keras yang tersedia untuk meningkatkan kinerja rendering mereka.

Maxwell Render dikembangkan oleh Next Limit Technologies, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Spanyol. Maxwell Render pertama kali dirilis pada tahun 2004. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Maxwell Render secara umum, spesifikasi dibutuhkan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10, MacOS 10.9 atau yang lebih baru, atau Linux
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan kecepatan clock 2 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 3.2 atau yang lebih baru (jika menggunakan rendering GPU)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Maxwell Render yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


10. Artlantis

@sasmitaarch921

Plugin ini menyediakan berbagai preset material dan pencahayaan yang bisa Anda gunakan untuk membuat render yang lebih indah dan hidup. Artlantis menggunakan teknologi rendering yang efisien sehingga mampu menghasilkan render dengan cepat, memungkinkan untuk melihat hasil secara instan.

Software ini dilengkapi dengan koleksi material dan objek yang kaya, termasuk tekstur, tanaman, dan furnitur, yang memungkinkan untuk dengan mudah memperindah visualisasi. Artlantis menggunakan simulasi cahaya yang canggih untuk menciptakan efek pencahayaan yang sangat realistis, termasuk bayangan, refleksi, dan refaksi.

Artlantis dikembangkan oleh Abvent, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Prancis. Plugin ini pertama kali dirilis pada tahun 1992. Minimum spesifikasi komputer untuk menggunakan Artlantis secara umum, spesifikasi minimum yang direkomendasikan adalah:
  • Sistem Operasi: Windows 7/8/10 atau MacOS 10.12 atau yang lebih baru
  • Processor (CPU): Intel atau AMD dengan kecepatan clock 2 GHz atau lebih baik
  • RAM: Minimal 8GB (disarankan 16GB atau lebih)
  • Kartu Grafis (GPU): GPU dengan dukungan OpenGL 4.5 atau yang lebih baru (disarankan memiliki 2GB VRAM atau lebih)
  • Penyimpanan: Solid State Drive (SSD) direkomendasikan
Pastikan untuk memeriksa persyaratan sistem yang tepat untuk versi Artlantis yang Anda gunakan, karena persyaratan tersebut dapat berbeda tergantung pada versi dan fitur yang Anda butuhkan.


Kesimpulan - - - -

Nah, itulah teman-teman, ulasan kita hari ini tentang plugin render buat SketchUp! Semoga informasi-informasi yang udah saya share bisa bantu kalian buat nyobain alat-alat yang seru dan bikin proyek kalian makin kece! Dari V-Ray sampe Enscape, pilihan-pilihannya banyak banget, dan semua punya keunikan masing-masing yang bisa bawa karya kalian ke level yang lebih tinggi!

Jadi, gimana nih? Kalian udah punya favorit plugin render buat SketchUp kalian sendiri belum? Atau mungkin ada yang masih bingung mau pilih yang mana? Yuk, ceritain ke kita di kolom komentar! Kita pengen dengerin pengalaman dan pilihan kalian! Siapa tau kalian punya tips atau trik yang bisa bantu teman-teman yang lain juga, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, kita diskusi bareng di sini!

Terakhir, jangan lupa buat subscribe "Budi Studios" dan ikutin terus blog kita buat dapetin lebih banyak lagi tips, trik, dan inspirasi tentang dunia desain dan SketchUp! Stay creative, stay inspired, dan sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnya, ya! Salam SketchUp Indonesia!

11 komentar

  1. Mantap kak, ulasanya bermanfaat sekali buat nentuin Plugin SketchUp yang tepat.
    1. sama-sama.. makasih udah mampir diblog..
  2. Beberapa plugin emang berbayar, tapi V-Ray bagiku tetap yang terbaik.
    1. V-Ray selalu dihati ya kak..
  3. Anjay thumbnailnya keren abis kak, pakai apa renderingnya?
    1. aku pakainya sketchup, karna laptop belum support GPU Dedicated. Meski lama tapi lumayanlah bisa dipakai buat karya.. hehe..
  4. Menyala abangku.. tetap setia sama Enscape karna lebih gesit untuk realtimenya..
    1. Enscape emang cocok buat pc High End..
  5. bang buatin tutorial rendering di sketchup dong...
    aku masih pemula soalnya.. butuh banyak pencerahan dari sepuh..
    1. oke gan, ditunggu update selanjutnya ya..
      nanti aku jelasin lengkap penggunaan plugin rendering di sketchup beserta kelebihan dan kekurangannya.
  6. Ada yang make Indigo Render? Kok punya suka force close ya..
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.