Berlangganan di Channel YouTube Subscribe

Cara Menambahkan Watermark di Proyek SketchUp


Budistudios.com - Alasan mengapa anda harus menambahkan watermark ke proyek SketchUp adalah karena tanda air ini membantu melindungi hak cipta Anda atas karya desain Anda. Dengan menambahkan watermark, Anda memberi tanda bahwa proyek tersebut adalah milik Anda.

Tanda air bisa berupa logo atau teks yang merepresentasikan merek atau identitas Anda sebagai desainer atau perusahaan. Ini membantu memperkuat merek Anda di mata pengguna atau klien serta menunjukkan tingkat profesionalisme dalam desain Anda.

Dengan memberi watermark, Anda dapat mencegah atau mengurangi kemungkinan pencurian atau penggunaan tidak sah atas karya desain Anda. Meskipun tidak sepenuhnya mencegah pencurian, watermark dapat membuat orang lebih berpikir dua kali sebelum menggunakan karya Anda tanpa izin.

Memberi watermark di proyek SketchUp bisa dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada preferensi Anda. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menambahkan gambar watermark ke tampilan proyek Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  1. Siapkan Gambar Watermark: Buat gambar yang ingin Anda jadikan watermark. Ini bisa berupa logo, teks, atau gambar lain yang ingin Anda gunakan sebagai watermark.
  2. Buka menu Window > Default Tray > kemudian checklist Styles.

  3. Selanjutnya dihalaman Styles, buka Tab Edit > Watermark Settings. 

  4. Untuk menambahkan gambar sebagai watermark, Anda bisa menekan tombol "Plus" atau "+", kemudian pergi ke menu "File" > "Import". Pilih gambar yang ingin Anda jadikan watermark.

  5. Atur Watermark: Setelah gambar diimpor, pilih tempat di mana Anda ingin menempatkannya di dalam proyek Anda. Anda dapat mengubah ukuran, dan posisi gambar tersebut sesuai keinginan.

  6. Penyesuaian Opacity: Setelah menempatkan gambar, Anda mungkin ingin menyesuaikan kejernihan atau transparansi gambar agar lebih sesuai sebagai watermark. Anda dapat melakukannya dengan mengatur opacity gambar menggunakan panel ini.

  7. Block Screen: Selain itu anda bisa mencoba fitur "tiled across the screen" untuk memblok seluruh layar dengan watermark anda.

  8. Simpan Proyek: Setelah Anda puas dengan penempatan dan penyesuaian gambar watermark, jangan lupa untuk menyimpan proyek Anda.


Dengan langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat dengan mudah menambahkan watermark ke proyek SketchUp Anda. Dengan memberi watermark ke proyek SketchUp Anda bukan hanya tentang perlindungan hukum, tetapi juga tentang menjaga identitas Anda sebagai desainer dan memperkuat merek Anda. 

Semoga bermanfaat!!!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.