Berlangganan di Channel YouTube Subscribe

Cara Menambahkan Scene di SketchUp


Selamat datang, kali ini saya akan membagikan cara menambah scene di SketchUp. Buat teman-teman yang belum tahu bisa menyimak langkah-langkahnya dipostingan ini. Sebelum kita melanjutkan pada topik pembahasan saya akan menjelaskan sedikit tentang fungsi dan manfaatnya.

Di SketchUp, "scene" mengacu pada kumpulan pengaturan yang disimpan untuk memperbaiki tampilan dan posisi objek dalam model Anda. Fungsi utama scene adalah untuk menyimpan dan memulihkan konfigurasi visual yang berbeda dari model Anda dengan cepat dan mudah.

Anda dapat menyimpan tampilan khusus dari model, termasuk sudut perspektif kamera, pengaturan pencahayaan, dan posisi objek. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat kembali ke tampilan yang disimpan tanpa harus mengatur ulang semuanya secara manual.

Scene sangat berguna saat membuat presentasi atau laporan, karena Anda dapat mengatur beberapa tampilan yang ingin Anda tunjukkan dan beralih dengan cepat selama presentasi. Serta dengan membuat scene akan memudahkan untuk beralih antara sudut pandang yang berbeda dari model.

Dengan menggunakan scene, Anda dapat membuat animasi dengan mengatur transisi antara satu scene ke scene lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk membuat tur virtual melalui model Anda atau menunjukkan perubahan dari satu konfigurasi ke konfigurasi lainnya.



1. Buka SketchUp

Mulailah dengan membuka perangkat lunak SketchUp di komputer Anda. Pastikan Anda telah membuka atau membuat model yang ingin Anda tambahkan scene-nya.

2. Atur Tampilan

Sesuaikan tampilan model Anda seperti yang Anda inginkan. Ini mencakup perspektif kamera, posisi objek, pencahayaan, dan setiap detail lain yang ingin Anda sertakan dalam scene.

3. Buka Penciptaan Scene

Pergi ke menu "Window > Default Stray" di bagian atas layar. Di menu turunannya, pilih "Scenes". Ini akan membuka panel "Scenes" di jendela SketchUp Anda.

4. Tambahkan Scene Baru

Di panel "Scenes", Anda akan melihat tombol dengan simbol "+" (tambah). Klik tombol ini untuk menambahkan scene baru. Setelah Anda mengkliknya, Anda akan melihat scene baru muncul dalam daftar di panel "Scenes".

5. Atur Nama Scene

Secara default, scene baru akan diberi nama "Scene 1". Klik dua kali pada nama ini atau klik sekali dan tunggu sebentar, lalu klik sekali lagi untuk memilihnya. Anda sekarang dapat mengetikkan nama baru untuk scene Anda. Nama ini harus mencerminkan tampilan atau konfigurasi spesifik yang disimpan oleh scene tersebut.


6. Hapus Scene

Sebelum menghapus sebuah scene di SketchUp ada fitur bernama "Update Scene" yang bisa anda gunakan untuk melakukan perubahan. Akan tetapi jika scene tidak dibutuhkan dan terlalu banyak anda bisa menghapusnya. Klik simbol "-" kurang untuk mengeksekusinya.


6. Tampilkan Scene

Untuk beralih antara scene, cukup klik pada nama scene dalam panel "Scenes". SketchUp akan langsung menyesuaikan tampilan model sesuai dengan pengaturan yang telah Anda simpan untuk scene tersebut. Bagaimana Mudah Bukan?



Akhir Kata


Setelah menambahkan scene dan memberinya nama yang sesuai, SketchUp secara otomatis akan menyimpan semua pengaturan tampilan yang Anda atur saat ini. Ini termasuk perspektif kamera, posisi objek, pengaturan pencahayaan, dan lainnya.

Dengan menggunakan scene dengan bijak, Anda dapat menghemat waktu dan memperbaiki efisiensi kerja Anda dalam SketchUp, terutama saat bekerja dengan model yang kompleks atau saat membuat presentasi visual yang menarik.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.