Berlangganan di Channel YouTube Subscribe

Cara Menambahkan Material dan Texture di SketchUp


Budistudios.com - Didalam editor aplikasi SketchUp, Material berfungsi untuk memberikan warna, tekstur, dan pola pada objek di model SketchUp. Ini membantu dalam membuat visualisasi yang lebih realistis dari desain arsitektur, interior, produk, dan lainnya.

Dengan memberi material yang berbeda pada setiap objek, Anda dapat membedakan dan mengidentifikasi objek dengan lebih mudah dalam model 3D. Misalnya, Anda dapat memberikan material berbeda pada dinding, lantai, atap, dan furnitur dalam model interior.

Material membantu Anda dalam memvisualisasikan desain Anda dengan lebih baik. Dengan melihat objek Anda dengan material yang tepat, Anda dapat memperbaiki atau menyesuaikan desain Anda dengan lebih baik sebelum melanjutkan ke tahap produksi atau pembangunan.

Dengan memberi material bukan hanya untuk estetika visual, tetapi juga memainkan peran penting dalam memahami, mengomunikasikan, dan memperbaiki desain dalam proses perancangan. Untuk menambahkan material pada objek di SketchUp, ikuti langkah-langkah berikut:


1. Buka panel Material:

  • Buka menu Window > Materials.
  • Klik pada ikon "Material" di toolbar utama.
  • Pilih Material: Di panel Material, Anda akan melihat berbagai macam material yang telah disertakan dengan SketchUp. Anda dapat memilih salah satu dari material-material ini.


2. Terapkan Material ke Objek:

  • Pilih objek yang ingin Anda beri material. Gunakan alat Select untuk ini.

  • Setelah objek terpilih, klik pada material yang ingin Anda gunakan di panel Material. Objek akan segera terisi dengan material tersebut.

  • Atur Material (opsional): Setelah Anda menerapkan material, Anda dapat mengatur pengaturan material lebih lanjut, seperti tekstur, opasitas, dan lainnya. Ini bisa dilakukan dengan mengklik ikon "Edit" di panel Material setelah memilih material yang diinginkan.


3. Menambahkan Material Kustom: 

Jika Anda memiliki gambar atau tekstur sendiri yang ingin Anda gunakan sebagai material, Anda dapat menambahkannya ke SketchUp dengan mengklik ikon "In Model" di panel Material, lalu pilih "Edit > Texture > Use Texture Image". Anda dapat memilih gambar atau tekstur dari komputer Anda dan menyesuaikan pengaturan sesuai keinginan.

Selain itu, Material membantu dalam mengkomunikasikan desain kepada klien, tim, atau pihak terkait lainnya. Dengan memberikan material yang realistis pada model 3D, orang lain dapat dengan mudah memahami konsep dan estetika desain yang diusulkan.

Material ini memainkan peran penting dalam estetika dan presentasi desain. Dengan menggunakan material yang sesuai, Anda dapat mencapai tampilan yang diinginkan untuk desain Anda, baik itu gaya minimalis, modern, klasik, atau yang lainnya.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menambahkan material ke objek di SketchUp dan mengatur mereka sesuai kebutuhan proyek Anda. Semoga postingan ini bermanfaat dan silahkan lihat tutorial SketchUp lainnya diblog ini.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.