Cara Tracing Gambar Secara Detail di CorelDraw



Apa itu Tracing?

Singkatnya, fungsi tracing di CorelDraw ini seperti menjiplak. Walaupun dapat diartikan sebagai plagiarisme, namun tracing tidak selalu dianggap buruk, sangat berbeda jika kita bandingkan dengan plagiarisme. Tracing sendiri merupakan salah satu teknik menggambar yang dapat digunakan dalam ilustrasi dan karya desain grafis lainnya, dalam penggunaannya teknik ini digunakan untuk membuat sketsa dan pemilihan warna.

Dalam desain digital penggunaan teknik tracing biasanya dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

  • Siapkan bahan yang akan menjadi sumber tracing/ yang akan ditiru, bisa berupa sketsa kasar logo, foto, gambar, dll
  • Mengubah materi menjadi softfile/bentuk elektronik, bisa menggunakan scanner, kamera, download melalui web browser
  • Troop/import material yang sudah berbentuk soft file ke dalam aplikasi edit grafis
  • lakukan tracing secara manual atau otomatis

Fungsi dari teknik tracing ini juga bisa kita ganti dengan menyebutnya sebagai tool untuk mengubah gambar berformat Bitmap menjadi Vector. Misalnya, Anda mungkin pernah melihat foto siluet orang yang melihat ke samping yang sedang menjadi tren di kalangan desainer vektor akhir-akhir ini? Ya, mereka juga menggunakan teknik tracing untuk membuat siluet seperti itu.

Keuntungan mengubah gambar bitmap menjadi gambar vektor melalui teknik tracing adalah gambar akan lebih tajam, dan tidak pecah jika diperbesar kemudian dicetak, gambar yang dihasilkan juga dapat berubah warna dan bentuknya sesuka hati. Penasaran tools apa saja yang bisa digunakan di CorelDraw untuk teknik tracing ini?, mari kita lanjutkan tutorialnya.


Langkah-langkah Tracing menggunakan fitur (Detailed Logo) CorelDraw

Siapkan bahan prakteknya, atau bisa pakai gambar di bawah ini ya, kalian kalau mau pakai yang lain boleh silahkan, tapi mending pakai yang sama ajh deh . .wkwk

Ilustrasi Anak Mengaji

  1. Pertama, import gambar kedalam workspace/lembar kerja di CorelDraw. 

  2. Seleksi gambar dengan menekan klik kiri, kemudian akan muncul menu Trace Bitmap property bar, Klik trace bitmap > Outline Trace > pilih Detailed Logo lalu tunggu beberapa saat.

  3. Selanjutnya akan muncul hasil dari Trace Bitmap tersebut letaknya berada di atas gambar aslinya dengan posisi menumpuk, geser kesebelah lembar kerja untuk membedakan, tidak akan terlalu banyak perubahan yang besar karena memang gambar aslinya sendiri sudah clean / simple tidak seperti foto pemandangan tergantung dari sumber fotonya.

  4. Setelah itu, pada gambar after silahkan kalian Ungroup Object (CTRL + U), maka gambar bisa diambil, hapus, ganti warna, dsb, sesuai dengan keinginan. Berikut hasilnya!

Untuk mendapatkan hasil tracking yang maksimal dari tutorial di atas, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, antara lain:

  • Usahakan format gambar dasar adalah PNG, karena biasanya format gambar memiliki sedikit noise sehingga akan melunakkan gambar yang dihasilkan dari proses tracing.
  • Jika berupa foto, resolusi yang di urutkan tidak selalu besar, resolusi sedang dan kalau bisa foto harus fokus dengan sedikit background image
  • Objek yang akan dipilih oleh narasumber sebisa mungkin memiliki warna yang solid, tanpa adanya gradasi warna.

Demikian ulasan tentang tata cara melakukan tracing atau peniruan gambar secara detail di CorelDraw, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam penggunaan aplikasi CorelDraw lebih baik.

Getting Info...

Penulis

Seorang penulis yang menyajikan konten unik, kreatif dan inspiratif.

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.