Cara Mengimpor File di CorelDraw (PDF, JPEG, AI)


Budistudios.com - Pengguna dapat mengimpor file yang dibuat di aplikasi lain. Misalnya, mengimpor file Adobe Portable Document Format (PDF), JPEG, atau Adobe Illustrator (AI). Mengubah ukuran dan memusatkan file saat mengimpornya. File yang diimpor menjadi bagian dari file aktif. 

Teman-teman juga dapat mengimpor file bitmap ke dalam CorelDraw sebagai gambar yang ditautkan secara eksternal. Saat mengimpor bitmap tertaut, pengeditan ke file asli (eksternal) diperbarui secara otomatis di file yang diimpor.

Saat mengimpor file bitmap, kalian dapat mengambil sampel ulang untuk mengurangi ukuran file, atau memangkasnya untuk menghapus area gambar yang tidak terpakai. Kalian juga dapat memotong bitmap untuk memilih hanya area dan ukuran persis gambar yang ingin di impor.

Saat mengimpor file dari CorelDRAW versi sebelumnya yang berisi teks dalam bahasa yang berbeda dari bahasa sistem operasi, kalian dapat menggunakan pengaturan halaman kode untuk memastikan bahwa nama objek, kata kunci, dan catatan yang disimpan dengan file ditampilkan dengan benar.


Langkah-langkah Import File ke dalam CorelDraw:

Untuk menambahkan sebuah file berupa gambar PNG, JPEG, AI, dll kedalam lembar kerja CorelDraw, bagi pemula anda dapat mempelajari tutorialnya dibawah ini.

1. Klik Impor File (CTRL + I).

2. Pilih folder tempat file Anda disimpan.

Jika perlu, Anda dapat mencari file dengan menggunakan kotak pencarian. Anda dapat mencari hal-hal seperti nama file, judul, subjek, penulis, kata kunci, komentar, nama bitmap, nama objek, dan sebagainya.

3. Pilih format file dari kotak daftar di samping kotak File Name. Jika Anda tidak mengetahui format file, pilih All file format.


4. Klik nama file.

Jika file berisi teks dalam bahasa yang berbeda dari bahasa sistem operasi Anda, pilih opsi yang sesuai dari kotak daftar halaman kode Pilih untuk memastikan bahwa nama objek, kata kunci, dan catatan ditampilkan dengan benar. Opsi ini tidak tersedia untuk semua format file.


5. Klik Impor, dan lakukan salah satu hal berikut:

  • Klik halaman gambar untuk mempertahankan dimensi file dan posisikan pojok kiri atas tempat Anda mengklik.
  • Seret pada halaman gambar untuk mengubah ukuran file. Kursor impor menampilkan dimensi file yang diubah ukurannya saat Anda menyeret halaman gambar.
  • Tekan Enter untuk memusatkan file pada halaman gambar.
  • Tekan Spacebar untuk menempatkan file pada posisi yang sama dengan file aslinya (hanya file CDR dan AI).

Opsi gertakan aktif diterapkan ke file yang diimpor.



#Tips Mengimpor File di CorelDraw

Ketahui beberapa tips dalam mengimpor sebuah file di Aplikasi CorelDraw. Berikut ini ulasan terkait tips dan trik import file yang dapat kalian ketahui juga.
  • Menautkan ke bitmap secara eksternal alih-alih menyematkannya: Klik panah pada tombol Impor, lalu klik kotak centang Import as externally linked image. Jika Anda ingin menampilkan daftar gambar yang ditautkan, klik Window Dockers Links and bookmarks.
  • Menautkan ke file resolusi tinggi untuk keluaran Open Prepress Interface (OPI): Klik tanda panah pada tombol Import, lalu klik kotak centang Import as high resolution file for output using the OPI. Prosedur ini menyisipkan file TIFF atau Scitex Continuous Tone (CT) versi resolusi rendah ke dalam dokumen. Versi beresolusi rendah ditautkan ke gambar beresolusi tinggi, yang berada di server Open Prepress Interface (OPI).
  • Menggabungkan layer dalam bitmap yang diimpor: Aktifkan kotak centang Gabungkan bitmap multilapisan.
  • Menyimpan profil International Color Consortium (ICC) tertanam: Aktifkan kotak centang Ekstrak profil ICC tersemat untuk menyimpan profil ICC ke folder warna tempat aplikasi diinstal. Opsi ini tidak tersedia untuk semua format file.
  • Memerika Watermark atau informasi hak cipta: Aktifkan kotak centang Periksa tanda air.
  • Menggunakan pengaturan default untuk filter alih-alih membuka kotak dialog: Aktifkan kotak centang Jangan tampilkan filter.
  • Pertahankan lapisan dan halaman dalam file yang diimpor: Aktifkan kotak centang Pertahankan lapisan dan halaman. Jika Anda menonaktifkan kotak centang, semua lapisan digabungkan menjadi satu lapisan.
  • Memilih halaman yang akan diimpor saat mengimpor dokumen TIFF multi halaman: Di kotak dialog Impor TIFF, aktifkan opsi di area Pilih halaman untuk diimpor. Opsi ini hanya tersedia untuk format file TIFF.
  • Buka hanya sebagian gambar (Windows 7 dan Windows 8): Di kotak dialog Muat sebagian file, ketik rentang bingkai yang akan dibuka di kotak Muat bingkai.

Catatan: Tidak semua opsi impor tersedia untuk semua format file. Kalian dapat mengimpor banyak file. Tahan Shift dan klik untuk memilih file berurutan dalam daftar. Tahan Ctrl dan klik untuk memilih file yang tidak berurutan.


Akhir Kata

Demikian postingan tentang tata cara mengimpor file kedalam aplikasi CorelDraw yang dapat kalian ketahui. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua dalam penggunaan aplikasi CorelDraw lebih baik.

Silahkan share jika anda menyukainya!

Getting Info...

Penulis

Seorang penulis yang menyajikan konten unik, kreatif dan inspiratif.

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.