Cara Leveling 3D Printer Secara Otomatis

Budistudios.com - Apakah anda sedang mencari cara leveling 3D Printer? Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial leveling mesin 3D Printer secara otomatis. Selain menggunakan metode manual leveling, mesin printer 3D "Anet ET4" sudah dibekali dengan fitur Auto Leveling.

Pada beberapa mesin 3D printer terbaru seperti "Anet ET4" sudah dilengkapi dengan teknologi auto leveling. Sebagai pengguna Anet ET4, anda perlu mengetahui cara leveling secara otomatis, berikut langkah-langkah yang dapat anda pelajari dibawah ini.


A. Persiapan Auto Leveling 3D Printer:

  1. Hidupkan mesin 3D Printer, ketuk Setting > Manual > Home, ini akan menempatkan ekstruder.
  2. Ketuk Siapkan Leveling > Auto Leveling > Yes Printer memeriksa level otomatis 5 x 5 poin.
  3. Layar hanya menampilkan 3 x 3 poin.
  4. Proses auto leveling memakan waktu kurang lebih 6 menit.
  5. Ketuk "OK" pada antarmuka pop-up untuk mengakhiri leveling.

B. Pengecekan Hasil Auto Leveling 3D Printer:

  1. Ketuk tombol "OK" pada antarmuka perataan untuk memeriksa jarak antara nozzle dan platform, yang seharusnya sama dengan ketebalan selembar kertas A4.
  2. Jika Anda menetapkan nilai "-", nozzle akan mulai mengatur arah lebih dekat ke pelat bed. Jika menyetel nilai "+", nosel akan mulai mengatur arah nozzle lebih jauh dari pelat atau bed. Ketuk "OK" untuk menyimpan nilainya.
  3. Jika diperlukan, ulangi langkah-langkah di atas sampai Anda mendapatkan lapisan pertama yang baik. Lihat gambar di bawah ini untuk mengetahui leveling yang berhasil.


C. Panduan Cepat untuk AUTO LEVEL

  • LANGKAH 1: Buka Setting dan ketuk ikon Home.
  • Setelah ekstruder berhenti di "Home", tidak apa-apa untuk mengatur Level Otomatis.
  • Panaskan tempat tidur hingga 60c. Jangan pernah mengandalkan Manual atau Auto Level yang dilakukan dengan bed atau ranjang dingin.
  • Ketuk Auto Level, munculan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Ketuk Yes.
  • Level otomatis akan menghitung mesh multi-titik yang akan mengkompensasi area yang tidak rata di tempat tidur, meskipun layar hanya menampilkan sembilan.
  • Offset yang akan Anda sesuaikan untuk mengatur ketinggian nozzel untuk pencetakan yang benar dan itu adalah Z OFFSET.
  • Z offset saya atur ke bawah (-) sampai kertas A4 tidak bisa digeser, lalu naikkan menggunakan (+) satu takik 0,01mm, sampai Kertas bisa digeser tapi tetap menyentuh nozzle. Jika nosel terlalu tinggi atau rendah, gunakan + atau - untuk menyesuaikan offset sampai Anda puas.
  • Tes yang baik adalah menggunakan XYZ Cube dengan pinggiran. Jika pinggirannya terlihat bagus, lanjutkan pencetakan. Jika pinggirannya tidak terlihat bagus, Anda memiliki opsi untuk mematikan cetakan dan menyesuaikan level Z.
  • Setelah diatur selama Anda tidak memindahkan sekrup leveling, Anda baik-baik saja. Tidak perlu mengubahnya setiap kali Anda menghidupkan.
  • Namun, Anda harus menjalankan Level Otomatis setiap kali Anda menghidupkan karena mesh tidak disimpan saat Anda mematikan. Ingatlah untuk memanaskan bed.


Akhir Kata

Itulah cara melakukan auto leveling mesin 3D Printer yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang leveling 3D Printer secara otomatis dengan mudah.

Demikian postingan yang dapat saya sampaikan, jika anda menyukainya sebarkan ke media sosial dan tinggalkan komentar jika anda memiliki kritik dan saran terkait 3D Printer. 

Terima kasih

Getting Info...

Penulis

Seorang penulis yang menyajikan konten unik, kreatif dan inspiratif.

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.