Cara Export File di CorelDraw ke (JPG, PNG atau Microsoft Office)



Budistudios.com - Didalam aplikasi CorelDraw kalian dapat menggunakan perintah Ekspor File untuk mengekspor file ke berbagai format file bitmap dan vektor yang dapat digunakan di aplikasi lain. Misalnya, pengguna dapat mengekspor file ke format Adobe Illustrator (AI) atau JPG

Kalian juga dapat mengekspor file sehingga dioptimalkan untuk digunakan dengan rangkaian aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Office atau Corel WordPerfect Office. Saat mengekspor file, file asli dibiarkan terbuka di jendela gambar dalam format yang ada.

Kalian dapat menggunakan perintah File Save as untuk menyimpan file ke berbagai format vektor. Setelah menyimpan file ke format yang berbeda, file yang disimpan segera ditampilkan di jendela gambar. Disarankan untuk menyimpan terlebih dahulu file tersebut sebagai file CorelDRAW (CDR) karena beberapa format file tidak mendukung semua fitur yang terdapat pada file CorelDRAW.


Langkah-langkah Untuk mengekspor file di CorelDraw:

1. Klik Export File.


2. Pilih folder tempat Anda ingin menyimpan file.
3. Pilih format file dari kotak daftar Save as type dan Ketik nama file di kotak daftar Nama file.

4. Aktifkan salah satu kotak centang berikut:

  • Export this page only: hanya mengekspor halaman saat ini dalam file multi halaman
  • Selected only: hanya menyimpan objek yang dipilih dalam gambar aktif
  • Do not show filter dialog: menyembunyikan kotak dialog yang menawarkan opsi pengeksporan lanjutan.

5. Klik Export dan OK.

Jika kotak dialog untuk format ekspor terbuka, tentukan opsi yang Anda inginkan. Untuk informasi mendetail tentang format file, lihat Format file yang didukung.


Pengguna CorelDraw juga bisa

  • Kompres file saat ekspor: Pilih jenis kompresi dari kotak daftar Compression type.
  • Tentukan informasi tentang file: Ketik komentar yang Anda inginkan di kotak Notes.

Tidak semua opsi atau tipe kompresi dalam kotak dialog Ekspor tersedia untuk semua format file. Objek dalam lapisan tersembunyi ditampilkan dalam file yang diekspor kecuali fungsi pencetakan dan ekspor untuk lapisan tersembunyi dinonaktifkan.

Untuk informasi tentang opsi yang tersedia saat Anda mengekspor ke format file bitmap, lihat Untuk mengonversi grafik vektor ke bitmap saat mengekspor. Jika Anda menggunakan versi uji coba yang kedaluwarsa, Anda tidak akan dapat mengekspor file.

Pengguna dapat menentukan lapisan mana yang akan muncul di file yang diekspor. Untuk informasi selengkapnya, lihat Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pencetakan dan pengeksporan lapisan.


Cara mengekspor file CorelDraw ke Microsoft Office atau WordPerfect Office

1. Klik File > Export for > Office.


2. Dari kotak Export to daftar, pilih salah satu hal berikut ini:

  • Microsoft Office: memungkinkan Anda menyetel opsi untuk memenuhi persyaratan keluaran aplikasi Microsoft Office
  • WordPerfect Office: mengoptimalkan gambar untuk Corel WordPerfect Office dengan mengubahnya menjadi file WordPerfect Graphics (WPG)

3. Jika Anda memilih Microsoft Office, pilih salah satu opsi berikut dari Grafik yang paling sesuai untuk kotak daftar:

  • Compatibility: memungkinkan Anda menyimpan gambar sebagai bitmap Portable Network Graphic (PNG). Ini mempertahankan tampilan gambar saat Anda mengimpornya ke aplikasi kantor.
  • Editing: memungkinkan Anda menyimpan gambar dalam Extended Metafile Format (EMF). Ini mempertahankan sebagian besar elemen yang dapat diedit dalam gambar vektor.

4. Jika Anda memilih Microsoft Office dan Kompatibilitas, pilih salah satu opsi berikut dari kotak Dioptimalkan untuk daftar:

  • Presentation: memungkinkan Anda mengoptimalkan file untuk keluaran seperti peragaan slide atau dokumen online (96 dpi)
  • Desktop printing: memungkinkan Anda mempertahankan kualitas gambar yang baik untuk pencetakan desktop (150 dpi)
  • Commercial printing: memungkinkan Anda mengoptimalkan file untuk pencetakan berkualitas tinggi (300 dpi)

5 . Klik Oke.

6 . Temukan folder tempat Anda ingin menyimpan file dan Ketik nama file di kotak daftar Nama file.

8 . Klik Save.


Pengguna CorelDraw juga bisa

  • Perbesar dan perkecil di jendela pratinjau: Menggunakan alat Zoom in atau Zoom out, klik di jendela pratinjau.
  • Geser untuk melihat area gambar lainnya: Menggunakan Pan tool, seret di jendela pratinjau hingga area yang ingin Anda lihat menjadi terlihat.

Catatan: Grafik harus paling cocok untuk dan opsi Dioptimalkan untuk hanya tersedia jika Anda memilih opsi Microsoft Office dan Kompatibilitas. Lapisan dalam gambar diratakan saat diekspor ke Microsoft Office atau Corel WordPerfect Office.

Demikian ulasan mengenai tata cara mengekspor file di aplikasi CorelDraw X7 yang dapat kalian ketahui. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan seputar penggunaan CorelDraw lebih baik. Sumber refrensi http://product.corel.com/

Getting Info...

Penulis

Seorang penulis yang menyajikan konten unik, kreatif dan inspiratif.

2 komentar

  1. Artikel yang sangat bermanfaat gan

    www.koraninformasi.com
    1. Makasih atas kunjungannya 🙏
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.