10 Tools Dasar CorelDraw Yang Wajib Dikuasai Pemula!

Budistudios.com - Dalam mendesain menggunakan CorelDraw anda tidak harus memahami semua tools dan fungsinya secara keseluruhan. Karena pada dasarnya ada alat yang hanya bersifat sekunder. Maka dari itu kita hanya perlu memahami alat utamanya saja. 

Namun hal ini berlaku untuk kamu yang baru memulai, berbeda dengan mereka yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Jadi menjadi wajib untuk memahami orang lain juga. Oke langsung saja kita akan mulai melihat 10 tools yang harus dikuasai oleh pengguna CorelDraw. perhatikan dengan seksama.


1. Pick Tool

Menurut saya, hal pertama yang harus kita ketahui saat menggunakan CorelDraw adalah pick tool. Karena jika kita hitung, satu-satunya alat yang selalu kita gunakan adalah alatnya. Saya menjelaskan secara singkat tentang fungsi-fungsi yang ada di dalam toolbox dan fungsinya. 

Namun agar lebih jelas, bagaimana memahami cara kerja dan fungsi pick tool tersebut. Saya sarankan Anda untuk mengunjungi artikel Cara menggunakan alat pick di CorelDRAW yang ditulis oleh Tutorial Desain Grafis.


2. Tracing

Tracing adalah proses pembentukan garis atau objek dengan menggunakan alat tertentu. Tools yang saya maksud sebenarnya sudah pernah dibahas di artikel Learn to Use Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline dan 3-Point Curve. Dan semua tools yang saya bahas di artikel ini memiliki fungsi yang sama yaitu tracing.


3. Shape Tool

Di kotak alat, Anda akan menemukan bentuk alat di bawah alat pilih. Shape tool berfungsi untuk mengatur dan mengatur garis dengan bantuan pointer (titik biru). Selanjutnya, jika Anda ingin menguasai tracing dengan sempurna maka Anda juga harus menguasai shape tool. Artikel tentang cara menggunakan shape tool di CorelDRAW ini sepertinya sangat membantu Anda untuk memahami penggunaannya. Silakan coba!


4. Shaping

Shaping adalah fungsi membentuk suatu objek dengan beberapa gaya khusus. Untuk menemukan bentuk Anda harus melakukan persyaratan khusus yaitu, Anda harus memilih setidaknya dua objek vektor. hanya dengan begitu Anda dapat menemukannya di Object - Shaping. Selanjutnya Anda akan dapat memilih gaya yang Anda butuhkan, termasuk, mengelas, memangkas, menggabungkan, memotong, dll.


5. Align and Distribute

Selain pembentukan dan pengeditan objek. Jadi teknik dasar yang harus dikuasai oleh pengguna CorelDRAW, adalah mengatur posisi objek yang diatur dalam fungsi Align and Distribute. Anda dapat membaca lebih lanjut di artikel yang saya tulis khusus yang membahas tentang belajar menggunakan align dan mendistribusikan.


6. Order

Masih tentang posisi benda, teknik memunggungi benda juga harus diketahui. Fungsi ini setidaknya akan membuat kita lebih efisien dalam melakukan proses desain. Nah, kuncinya tinggal hapal saja urutan shortcutnya. Misalnya shift + page down (Kembali ke objek secara total), shift + page up (untuk meletakkan objek secara total), ctrl + page down (Kembali ke objek satu objek di depannya), ctrl + page up (untuk meletakkan objek dari satu objek di belakangnya).


7. Edit Fill / Fill Tool

Selanjutnya adalah mewarnai. Juga merupakan bagian penting dari belajar menggunakan CorelDRAW. Di kotak alat Anda dapat memilih alat edit isi/isi. Selanjutnya kita dapat memilih jenis style warna yang kita inginkan, apakah uniform fill untuk satu warna, fountain fill untuk menggabungkan 2 warna atau lebih atau pattern untuk pewarnaan dengan sebuah pola. Silakan lihat teknisnya di sini.


8. Powerclip


Memasukkan satu objek ke objek vektor lain adalah fungsi dari powerclip. Pilih Object - Powerclip - Tempatkan di dalam bingkai. Kemudian Anda dapat membaca tentang belajar menggunakan powerclip. Saya pikir fungsi ini juga sangat sering digunakan. Jadi harus benar-benar memahaminya juga.


9. Text Tool

Teks tidak akan lepas dari desain. Teknik ini juga harus diketahui. Anda dapat mempelajari lebih lanjut di alat Teks untuk menulis CorDRAW yang ditulis oleh 7demits.


10. Ellipse Tool, Rectangle Tool & Polygon Tool

Ketiga jenis alat di atas saya satukan menjadi satu kesatuan, karena melihat fungsi dan teknik penggunaan yang sama, tetapi hanya dalam bentuk yang berbeda. Oleh karena itu, menurut saya tidak lengkap rasanya jika desainer tidak mengetahui ketiga alat tersebut. Apalagi dengan banyaknya bentuk elips, persegi panjang dan poligon yang ada dalam seni grafis. Untuk teknik menggunakannya sendiri tidaklah sulit. Anda tinggal klik icon tool yang ada di toolbox dan langsung bisa digunakan. Untuk mengedit, Anda hanya perlu mengaturnya di property bar.


Akhir Kata

Demikian alat-alat yang wajib dikuasai bagi pengguna coreldraw khususnya yang masih belajar atau pemula agar bisa lebih mahir dalam penguasannya. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkannya. Terima kasih sudah berkunjung dan simak ulasan Desain Grafis lainnya.

Getting Info...

Penulis

Seorang penulis yang menyajikan konten unik, kreatif dan inspiratif.

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.